SELAMAT DATANG DIBLOG GURU PEMBELAJAR

Wednesday, April 15, 2020

RPP 3 K13 Fisika Kelas X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 3)

Nama Madrasah            : MA P3A GUPPI Rangas
Mata Pelajaran              : Fisika
Kelas/Semester             : X / Ganjil
Materi Pokok                 : Vektor
Alokasi Waktu               : 3 Pekan x 3 JP

A.     Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3.   Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)
·      Mengamati dengan seksama vektor-vektor yang bekerja pada benda
·      Menggambar vektor
·      Melakukan percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya gaya).
·      Menggambar resultan vector
·      Menjelaskan komponen vektor
·      menghitung besar vector
·      Menggambar arah resultan vector
·      Menjelaskan  cara menghitung besar dan arah dua buah vektor
·      Melakukan percobaan untuk menentukan resultan dua vektor sebidang
·      Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu
·      Mengolah tentang berbagai operasi vektor
·      Mempresentasikan contoh penerapan vektor dalam kehidupan sehari-hari
4.3.   Merancang percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya perpindahan) beserta presentasi hasil dan makna fisisnya
·      Mengolah data hasil pengukuran berulang
·      Menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk grafik hasil pengukuran,
·      Menginterpretasi data dan grafik, dan menghitung kesalahan,
·      Menyimpulkan hasil interpretasi data dalam laporan tertulis hasil kerja\
·      Mempersiapkan peralatan dan urutan kerja
·      Menggambar vector, arah vector, komponen vector, dan menghitung besar vector
·      Mencatat hasil percobaan untuk menentukan resultan vektor
·      Menyimpulkan dan mempresentasikan hasil percobaan untuk menentukan resultan vector
·      Mempresentasikan rancangan percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang beserta makna fisisnya

C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
·         Mengamati dengan seksama vektor-vektor yang bekerja pada benda
·         Menggambar vektor
·         Melakukan percobaan untuk menentukan resultan vektor sebidang (misalnya gaya).
·         Menggambar resultan vector
·         Menjelaskan komponen vektor
·         menghitung besar vector
·         Menggambar arah resultan vector
·         Menjelaskan  cara menghitung besar dan arah dua buah vektor
·         Melakukan percobaan untuk menentukan resultan dua vektor sebidang
·         Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu
·         Mengolah tentang berbagai operasi vektor
·         Mempresentasikan contoh penerapan vektor dalam kehidupan sehari-hari

D.     Materi Pembelajaran
Vektor:
·   Penjumlahan vektor
·   Perpindahan vektor
·   Kecepatan vektor
·   Percepatan vektor
·   Gaya sebagai vektor

E.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode                   : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

F.      Media Pembelajaran
·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)
·         Laptop
·         LCD
·         CD Multimedia Zenius Education
·         Animasi (macromedia)
·         PPT (Power Point)
·         Alat praktikum
·         Lembar penilaian
·         Penggaris, spidol, papan tulis
·         Laptop & infocus

G.     Sumber Belajar
·         Adip Ma’rifu Sururi, dkk. 2016. PR Fisika untuk SMA/ MA Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013 yang disempurnakan. Klaten: PT. Intan Pariwara.
·        Nursyamsuddin. 2008. Panduan Praktikum Terpilih (LKS) Fisika SMA untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
·        Pujianto, dkk. 2013. Fisika untuk SMA/ MA Kelas X Kurikulum 2013. Klaten: PT. Intan Pariwara.
·         Supardianningsih, dkk. 2014. PR Fisika untuk SMA/ MA Kelas X Semester 1 Kurikulum 2013. Klaten: PT. Intan Pariwara.
·         Buku refensi lain yang relevan
·         Lingkungan setempat

H.       Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke-1 (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Allah SWT dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Besaran vektor dan operasi vektor

» Menuliskan simbol vektor
» Melakaukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode polygon
» Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang
» Menemukan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Besaran vektor dan operasi vektor dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Besaran vektor dan operasi vektor
Pemberian contoh-contoh materi Besaran vektor dan operasi vektor untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Besaran vektor dan operasi vektor
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Besaran vektor dan operasi vektor
Mendengar

Pemberian materi Besaran vektor dan operasi vektor oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Besaran vektor dan operasi vektor

» Menuliskan simbol vektor
» Melakaukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode polygon
» Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang
» Menemukan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Besaran vektor dan operasi vektor

» Menuliskan simbol vektor
» Melakaukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode polygon
» Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang
» Menemukan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Besaran vektor dan operasi vektor yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Besaran vektor dan operasi vektor yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Besaran vektor dan operasi vektor yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Besaran vektor dan operasi vektor yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Besaran vektor dan operasi vektor
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Besaran vektor dan operasi vektor yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Besaran vektor dan operasi vektor sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Besaran vektor dan operasi vektor

» Menuliskan simbol vektor
» Melakaukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode polygon
» Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang
» Menemukan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :

Besaran vektor dan operasi vektor

» Menuliskan simbol vektor
» Melakaukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode polygon
» Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang
» Menemukan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
Mengolah informasi dari materi Besaran vektor dan operasi vektor yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Besaran vektor dan operasi vektor
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Besaran vektor dan operasi vektor

» Menuliskan simbol vektor
» Melakaukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode polygon
» Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang
» Menemukan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Besaran vektor dan operasi vektor berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Besaran vektor dan operasi vektor

» Menuliskan simbol vektor
» Melakaukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode polygon
» Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang
» Menemukan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Besaran vektor dan operasi vektor dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Besaran vektor dan operasi vektor yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Besaran vektor dan operasi vektor

» Menuliskan simbol vektor
» Melakaukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode polygon
» Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajaran genjang
» Menemukan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
Menjawab pertanyaan tentang materi  Besaran vektor dan operasi vektor yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Besaran vektor dan operasi vektor yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Besaran vektor dan operasi vektor yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Besaran vektor dan operasi vektor berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Besaran vektor dan operasi vektor yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Besaran vektor dan operasi vektor yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Besaran vektor dan operasi vektor
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Besaran vektor dan operasi vektor kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
2.
Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Allah SWT dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor

» Menyebutkan tahap-tahap pengurangan dua buah vector
» Menjelaskan langkah-langkah penjumlahan vektor secara analitik
»  Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor dengan metode analitik
» Melakukan percobaan sederhana pengurangan dua buah vektor
» Komponen-kompen vektor
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor
Pemberian contoh-contoh materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor
Mendengar

Pemberian materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor

» Menyebutkan tahap-tahap pengurangan dua buah vector
» Menjelaskan langkah-langkah penjumlahan vektor secara analitik
»  Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor dengan metode analitik
» Melakukan percobaan sederhana pengurangan dua buah vektor
» Komponen-kompen vektor

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor

» Menyebutkan tahap-tahap pengurangan dua buah vector
» Menjelaskan langkah-langkah penjumlahan vektor secara analitik
»  Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor dengan metode analitik
» Melakukan percobaan sederhana pengurangan dua buah vektor
» Komponen-kompen vektor
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor

» Menyebutkan tahap-tahap pengurangan dua buah vector
» Menjelaskan langkah-langkah penjumlahan vektor secara analitik
»  Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor dengan metode analitik
» Melakukan percobaan sederhana pengurangan dua buah vektor
» Komponen-kompen vektor
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :

Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor

» Menyebutkan tahap-tahap pengurangan dua buah vector
» Menjelaskan langkah-langkah penjumlahan vektor secara analitik
»  Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor dengan metode analitik
» Melakukan percobaan sederhana pengurangan dua buah vektor
» Komponen-kompen vektor
Mengolah informasi dari materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor

» Menyebutkan tahap-tahap pengurangan dua buah vector
» Menjelaskan langkah-langkah penjumlahan vektor secara analitik
»  Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor dengan metode analitik
» Melakukan percobaan sederhana pengurangan dua buah vektor
» Komponen-kompen vektor
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor

» Menyebutkan tahap-tahap pengurangan dua buah vector
» Menjelaskan langkah-langkah penjumlahan vektor secara analitik
»  Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor dengan metode analitik
» Melakukan percobaan sederhana pengurangan dua buah vektor
» Komponen-kompen vektor
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor

» Menyebutkan tahap-tahap pengurangan dua buah vector
» Menjelaskan langkah-langkah penjumlahan vektor secara analitik
»  Melakukan percobaan sederhana menjumlahkan dua vektor dengan metode analitik
» Melakukan percobaan sederhana pengurangan dua buah vektor
» Komponen-kompen vektor
Menjawab pertanyaan tentang materi  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Pengurangan dua buah vektor, penjumlahan vektor dengan metode analitik, dan komponen-komponen vektor kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
3.
Pertemuan Ke-3 (3 x 45 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Allah SWT dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

Dot product dan cross product

» Tahap-tahap dalam menyelesaikan perkalian skalar dua vektor (dot product)
» Langkah-langkah dalam menyelesaikan perkalian silang dua vektor (cross product)
» Melakukan percobaan sederhana perkalian scalar dua vektor
» Melakukan percobaan sederhana perkalian silang dua vektor
» Perbedaan perkalian scalar dua vektor dan perkalian silang uda vektor
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
Pembagian kelompok belajar
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 105 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Dot product dan cross product dengan cara :
Melihat (tanpa atau dengan Alat)

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
Mengamati
Lembar kerja materi Dot product dan cross product
Pemberian contoh-contoh materi Dot product dan cross product untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
Membaca.

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Dot product dan cross product
Menulis

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Dot product dan cross product
Mendengar

Pemberian materi Dot product dan cross product oleh guru.
Menyimak

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

Dot product dan cross product

» Tahap-tahap dalam menyelesaikan perkalian skalar dua vektor (dot product)
» Langkah-langkah dalam menyelesaikan perkalian silang dua vektor (cross product)
» Melakukan percobaan sederhana perkalian scalar dua vektor
» Melakukan percobaan sederhana perkalian silang dua vektor
» Perbedaan perkalian scalar dua vektor dan perkalian silang uda vektor

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
Mengajukan pertanyaan tentang materi :

Dot product dan cross product

» Tahap-tahap dalam menyelesaikan perkalian skalar dua vektor (dot product)
» Langkah-langkah dalam menyelesaikan perkalian silang dua vektor (cross product)
» Melakukan percobaan sederhana perkalian scalar dua vektor
» Melakukan percobaan sederhana perkalian silang dua vektor
» Perbedaan perkalian scalar dua vektor dan perkalian silang uda vektor
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
Mengamati obyek/kejadian

Mengamati dengan seksama materi Dot product dan cross product yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
Membaca sumber lain selain buku teks

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Dot product dan cross product yang sedang dipelajari.
Aktivitas

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dot product dan cross product yang sedang dipelajari.
Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dot product dan cross product yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.


COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Mendiskusikan

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Dot product dan cross product
Mengumpulkan informasi

Mencatat semua informasi tentang materi Dot product dan cross product yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Mempresentasikan ulang

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Dot product dan cross product sesuai dengan pemahamannya.
Saling tukar informasi tentang materi :

Dot product dan cross product

» Tahap-tahap dalam menyelesaikan perkalian skalar dua vektor (dot product)
» Langkah-langkah dalam menyelesaikan perkalian silang dua vektor (cross product)
» Melakukan percobaan sederhana perkalian scalar dua vektor
» Melakukan percobaan sederhana perkalian silang dua vektor
» Perbedaan perkalian scalar dua vektor dan perkalian silang uda vektor
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
Berdiskusi tentang data dari Materi :

Dot product dan cross product

» Tahap-tahap dalam menyelesaikan perkalian skalar dua vektor (dot product)
» Langkah-langkah dalam menyelesaikan perkalian silang dua vektor (cross product)
» Melakukan percobaan sederhana perkalian scalar dua vektor
» Melakukan percobaan sederhana perkalian silang dua vektor
» Perbedaan perkalian scalar dua vektor dan perkalian silang uda vektor
Mengolah informasi dari materi Dot product dan cross product yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dot product dan cross product
Verification (pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

Dot product dan cross product

» Tahap-tahap dalam menyelesaikan perkalian skalar dua vektor (dot product)
» Langkah-langkah dalam menyelesaikan perkalian silang dua vektor (cross product)
» Melakukan percobaan sederhana perkalian scalar dua vektor
» Melakukan percobaan sederhana perkalian silang dua vektor
» Perbedaan perkalian scalar dua vektor dan perkalian silang uda vektor
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalization (menarik kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Dot product dan cross product berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

Dot product dan cross product

» Tahap-tahap dalam menyelesaikan perkalian skalar dua vektor (dot product)
» Langkah-langkah dalam menyelesaikan perkalian silang dua vektor (cross product)
» Melakukan percobaan sederhana perkalian scalar dua vektor
» Melakukan percobaan sederhana perkalian silang dua vektor
» Perbedaan perkalian scalar dua vektor dan perkalian silang uda vektor
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Dot product dan cross product dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
Bertanya atas presentasi tentang materi  Dot product dan cross product yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.


CREATIVITY (KREATIVITAS)
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

Dot product dan cross product

» Tahap-tahap dalam menyelesaikan perkalian skalar dua vektor (dot product)
» Langkah-langkah dalam menyelesaikan perkalian silang dua vektor (cross product)
» Melakukan percobaan sederhana perkalian scalar dua vektor
» Melakukan percobaan sederhana perkalian silang dua vektor
» Perbedaan perkalian scalar dua vektor dan perkalian silang uda vektor
Menjawab pertanyaan tentang materi  Dot product dan cross product yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Dot product dan cross product yang akan selesai dipelajari
Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Dot product dan cross product yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran  Dot product dan cross product berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Dot product dan cross product yang baru dilakukan.
Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Dot product dan cross product yang baru diselesaikan.
Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Dot product dan cross product
Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas
Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Dot product dan cross product kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

I.          Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Teknik Penilaian
a.       Sikap:
-       Jurnal catatan guru mata pelajaran
b.       Pengetahuan:
-       Tes tulis 
-       Penugasan
c.       Keterampilan
-       Tes praktik
-       Portofolio
2.       Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
a.       Sikap:
-       Lembar pengamatan jurnal

b.       Pengetahuan:
-       Tes uraian 
-       Pekerjaan rumah/ PR
c.       Keterampilan
-       Skala penilaian praktik dan presentasi
-       Skala penilaian portofolio (laporan praktikum)
-          (Instrumen penilaian dan pedoman penskoran terlampir).

                                                                                               
                        Mengetahui :                                                    
                        Pengawas Pendidikan Madrasah                                     Guru Fisika,
                        Kementerian Agama Kab. Majene,



                        Dra. Hj. Marhama H., M.Pd.I                            Sahid, S.Pd
                NIP.196809231994032001                                              NIP.198203012006041004


Catatan Pengawas:
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................

0 comments:

Post a Comment